Powered By Blogger

Cari Blog Ini

hikmah

Jumat, 26 Maret 2010

pengenalan komputer

Perangkat Input Output

Perangkat Input output adalah perangkat computer yang berfungsi untuk membantu memasukkan data atau mengeluarkan data, atau sekaligus memasukkan dan mengeluarkan data

A. Perangkat input

Perangkat input berfungsi sebagai media yang menjadi antarmuka antara sistem komputer dan lingkungan luar sehingga sistem komputer dapat mengerti instruksi dari manusia. Saat ini sudah sangat beragam bentuk dan jenis dari perangkat input/output terutama dengan perkembangan sistem artificial intelligence dimana komputer dan manusia dapat berkomunikasi secara lebih interaktif.

1. Keyboard

Keyboard merupakan papan kunci yang terdiri tombol dari huruf dari A-Z, angkat dari 0-9, karakter khusus seperti @, %, *, !, ?, dan beberapa tombol fungsi antara lain F1-F12, tombol windows, dll. Tombol-tombol ini digunakan untuk memasukkan perintah ke sistem komputer. Bentuk keyboard pada awalnya meniru dari bentuk tombol mesin ketik, sehingga sususan huruf dari keyboard saat ini sama persis dengan mesin ketik.

Cara kerja dari sebuah keyboard saat ini adalah jika ditekan sebuah tombol, maka suatu interrupt dari mesin aka timbul dan keyboard interrupt handler (sebagian kecil perangkat lunak yang merupakan bagian dari sistem pengoperasian) akan dimulai. Interrupt handler akan membaca register perangkat keras di dalam pengontrol keyboard untuk mendapatkan karakter yang baru saja ditekan. Ketika tombol dilepaskan, interrupt kedua akan ditimbulkan.

2. Mouse

Mouse merupakan peralatan input yang berfungsi untuk menentukan posisi pointer pada layar komputer. Pada awalnya, mouse menggunakan sebuah bola kecil yang dapat digerakkan dengan bebas. Pergerakan dari monitor di layar tergantung dari pergerakan bola tersebut. Namun saat ini sudah banyak beredar mouse yang menggunakan sistem optik sebagai acuan gerakannya. Mouse ini tidak memiliki roda maupun bola. Dengan sistem ini, pergerakan mouse menjadi lebih akurat dan lebih halus.

Prinsip kerja mouse didasarkan pada dua gerakan, yaitu vertikal dan horisontal. Jika bola digerakkan secara vertikal, maka akan dihasilkan gerakan vertikal, jika bola digerakkan secara horisontal akan dihasilkan gerakan horisontal, dan jika digerakkan dua-duanya, maka akan membentuk gerakan diagonal.

Saat ini terdapat beberapa macam jenis mouse. Pada dasarnya mouse mempunyai tiga tombol. Namun terdapat juga mouse yang memiliki dua tombol, sebagai ganti tombol satunya kedua tombol tersebut harus ditekan secara bersamaan. Saat ini juga beredar jenis mouse yang mempunyai tombol scroll. Hal ini untuk memudahkan menggulung atau berpindah tampilan jika dokumennya cukup panjang.

3. Touch Pad

Touch pad adalah perangkat yang fungsinya sama dengan mouse. Hanya saja gerakan pointer pada touchpad tergantung dari gerakan jari yang disentuhkan pada alat tersebut. Biasanya touch pad digunakan pada komputer mobile, yaitu laptop atau notebook. Touch pad sudah terintegrasi pada komputer jenis itu sehingga dapat menghemat tempat.

4. Touch Screen

Touch Screen merupakan jenis perangkat input yang sangat populer saat ini. Perangkat ini berupa monitor yang dapat menerima input dari pengguna dengan cara ditekan pada sisi monitornya. Hal ini sangat memudahkan pengguna untuk mengoperasikan sistem operasi GUI sehingga dapat lebih interaktif. Monitor jenis ini memiliki dua peranan, yaitu sebagai input dan output.

5. Pen Input

Pen input merupakan jenis perangkat input yang berfungsi sebagai pengganti pena untuk menulis maupun menggambar. Hal ini untuk memudahkan pekerjaan para desainer grafik agar lebih mudah untuk menggambar di komputer daripada menggunakan mouse. Biasanya terdapat alas sebagai media untuk menulis atau menggambar.

6. Perangkat Entri Data

Perangkat ini berfungsi untuk melakukan proses entri data dari berbagai bentuk informasi untuk dapat disimpan sebagai data di komputer. Sebagian besar bentuk perangkat ini adalah berupa mesin pemindai (scanner) dan mesin capture. Beberapa jenis mesin ini adalah:

o Image scanner, yaitu alat untuk memindai sebuah objek gambar untuk disalin ke dalam bentuk file dengan format gambar agar dapat disimpan ke dalam komputer.

o Barcode scanner, yaitu alat untuk memindai kode barcode yang biasanya terdapat pada setiap produk, sebagai identitas bagi produk tersebut. Barcode merupakan sebuah bentuk pengkodean dari deretan angka ke dalam bentuk gambar. Barcode scanner digunakan untuk menyalin gambar barcode ke dalam bentuk pengkodean yang asli.

o Finger scanner, yaitu alat yang digunakan untuk memindai sidik jari seseorang untuk disalin menjadi informasi yang dapat disimpan ke dalam komputer. Setiap sidik jari manusia bersifat unik atau berbeda satu sama lain. Bentuk sidik jari dikodekan ke sebuah bentuk informasi yang dapat disimpan.

o Mikrofon, merupakan alat untuk mengubah gelombang suara menjadi gelombang listrik analog. Dari sinyal analog ini kemudian diubah ke bentuk sinyal digital oleh sebuah alat yang dinamakan sound card. Dari data digital ini komputer bisa mengenali suara yang dimasukkan ke dalam mikrofon sehingga bisa diproses oleh sistem komputer.

o Kamera Digital, merupakan alat untuk menangkap bentuk gambar atau pemandangan untuk disalin ke dalam bentuk format gambar komputer. Kelebihan karema digital adalah tidak memerlukan proses pemindaian untuk dapat menangkap gambar.

o WebCam dan HandyCam, merupakan alat untuk menangkap objek gambar atau pemandangan secara real-time untuk disalin ke format video di dalam komputer. Format yang dihasilkan adalah berupa gambar bergerak. WebCam memiliki resolusi lebih rendah daripada HandyCam.

o Sensor, merupakan alat untuk menangkap fenomena alam untuk diterjemahkan ke dalam sistem komputer. Sensor dapat menangkap aksi seperti getaran, cahaya, warna, kelembapan udara, tekanan udara, suhu, dan lain-lain tergantung daripada jenis sensor.

B. Perangkat Output

Perangkat output berfungsi sebagai media yang menjadi antarmuka antara sistem komputer dan lingkungan luar sehingga sistem komputer dapat menyajikan informasi yang dapat dimengerti oleh manusia. Jenis perangkat output sangat beragam bergantung dari kebutuhannya.

1. Display Screen

Display Screen merupakan perangkat untuk menampilkan gambar yang sedang disajikan oleh sistem komputer. Gambar yang ditampilkan adalah hasil pemrosesan data baik dari hasil input maupun proses sistem komputer. Display screen pada sistem komputer dipasang melalui port yang ada pada video adapter (biasanya disebut video card atau VGA card). Video adapter berfungsi untuk merubah kode digital grafik dari komputer menjadi sinyal yang dapat dimengerti oleh perangkat display screen. Kualitas dari display screen dipengaruhi oleh hal berikut:

o Resolusi, yaitu ukuran detail dari gambar yang dihasilkan. Gambar yang disajikan pada monitor tersusun atas titik yang memiliki warna sendiri-sendiri. Semakin banyak jumlah titik yang membentuk gambar monitor, semakin tinggi pula resolusinya. Contoh resolusi monitor adalah 800 x 600, yang berarti monitor tersebut memilik panjang 800 titik dan lebar 600 titik.

o Refresh Rate, yaitu ukuran frekuensi dari banyak pergantian frame gambar tiap detik. Setiap monitor menyajikan gambar bergerak yang sebenarnya merupakan rangkaian dari beberapa gambar statis. Setiap gambar yang menyusun rangkaian tersebut dinamakan frame. Jika sebuah monitor memiliki refresh rate 60 Hz, berarti monitor tersebut mengalami perubahan frame sebanyak 60 dalam 1 detik. Semakin tinggi refresh rate, semakin halus pula gambar bergerak yang dihasilkan.

o Color Depth, yaitu ukuran jumlah warna yang didukung oleh sebuah display screen. Color depth diukur dalam ukuran bit yang merupakan jumlah kombinasi biner dari warna. Jika sebuah monitor memiliki kedalaman warna 16 bit, maka jumlah warna yang dapat dihasilkan adalah 216 warna atau 65.536 warna. Monitor saat ini bisa mendukung warna sampai ukuran 32 bit atau sama dengan 4.294.967.296 warna.

Beberapa jenis dari display screen adalah:

o Monitor, menyajikan gambar pada layar kaca. Jenis monitor adalah CRT, LCD, dan Plasma.

o Proyektor Digital, menyajikan gambar dalam bentuk sinar yang dipancarkan ke sebuah layar penerima. Cara kerjanya seperti proyektor film yang butuh layar untuk menangkap gambar. Biasanya orang menyebut Digital Proyektor dengan nama Infocus atau LCD Display.

o Flat Panel, menyajikan gambar ke sebuah panel yang cukup besar. Sebuah flat panel bisa mencapai ukuran sebuah layar bioskop.

2. Hardcopy Device

Hardcopy device merupakan alat untuk menghasilkan hasil keluaran berupa hardcopy atau cetakan. Hardcopy device terdiri atas printer dan plotter, dimana printer digunakan untuk mencetak dengan ukuran standar sedangkan plotter digunakan untuk mencetak pada ukuran kertas yang sangat besar.

Printer memiliki ukuran untuk kualitas cetakan, yaitu DPI (Dot Per Inchi). DPI adalah jumlah titik yang dibuat tiap satu inci. Semakin besar ukuran DPI, semakin banyak pula jumlah titik yang dibuat sehingga ukuran titik menjadi semakin kecil dan kualitas cetakan menjadi semakin halus.

Printer hanya dapat mencetak pada kertas ukuran kecil sampai sedang (biasanya sampai ukuran A3), sedangkan plotter bisa mencetak pada kertas dengan ukuran yang sangat besar. Beberapa jenis printer adalah:

o Dot Matrix, memiliki nilai DPI yang sangat rendah sehingga memiliki hasil cetakan yang kurang bagus. Printer ini menggunakan pita tinta seperti pada mesin ketik untuk dapat menghasilkan cetakan di kertas.

o Laser, merupakan printer yang menggunakan teknologi laser untuk mencetak. Printer ini memiliki kualitas cetakan yang sangat bagus namun harganya cukup mahal. Printer laser juga bisa untuk mencetak di media plastik atau mika yang biasanya digunakan untuk presentasi.

o Tinta, merupakan printer yang menggunakan tinta cair untuk mencetak di kertas. Hasil cetakan printer ini cukup baik tergantung dari tipe printer. Biasanya hasil cetakan dari printer ini harus menunggu kering dulu sebelum digunakan karena menggunakan tinta cair.

o Thermal, merupakan printer yang menggunakan sistem pemanasan untuk menghasilkan cetakan pada medianya. Biasanya jenis printer ini digunakan untuk mencetak kartu sejenis kartu dan untuk mencetak sampul CD.

3. Speaker

Speaker merupakan perangkat yang dapat menghasilkan gelombang suara. Speaker pada sistem komputer dipasang melalui port sound adapter.

Jadi komputer harus memiliki sound adapter (biasanya disebut sebagai sound card) supaya bisa menghasilkan suara.

Sound adapter bertugas mengubah sinyal digital dari komputer menjadi sinyal analog yang selanjutnya diubah oleh speker menjadi gelombang suara.

Saat ini sudah terdapat berbagai macam jenis speaker, mulai dari yang konvensional sampai yang memiliki subwoofer agar menghasilkan kualitas suara yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar yuk bro....