PERTIMBANGAN DALAM MEMILIH METODE PENDIDIKAN
Dalam pendidikan adakalanya faktor-faktor yang mempengaruhi berjalanya pendidikan supaya tercipta pembelajaran yang baik yaitu :
 Tujuan pendidikan yang hendak dicapai
 Kemampuan guru
 Kemampuan dan jumlah murid
 Alat-alat pendidikan yang tersedia
Sedangkan jenis-jenis metode dalam pendidikan islam sangat banyak sekali. metode tersebut. Yaitu : metode hiwar(percakapan), metode kisah, metode amsal(analog), metode teladan, metode pembiasan diri dan pengalaman, metode ibroh dan mau’idzah, metode targhib dan tarhib.
PENDEKATAN DAN METODE PENDIDIKAN ISLAM
Pendekatannya meliputi : pengalaman , pembiasaan, emosional, rasional dan fungsional.
Melalui pendekatan pengalaman, sasaranya adalah penanaman nilai-nilai keagamaan. sedangkan metode yang dipakai adalah pemberian tugas, tanya jawab tentang pengalaman keagamaan, pada pendekatan pembiasaan sasaranya pembiasaan pengamalan ajaran agama, metode yang dipakai adalah latihan, pelaksanaan tugas, demonstrasi dan pengalaman langsung dilapangan. Pada pendekatan emosional sasaranya adalah mengembangkan rasa agama dan metode yang dipakai adalah ceramah, bercerita, dan sosiodrama. Pada pendekatan rasional sasaran yang akan dicapai adalah mengembangkan pemahaman islam secara rasional dan metodenya tanya jawab, diskusi kerja kelompok, latihan dan pemberian tugas. Pada pendekatan fungsional sasaranya mengembangkan relevansi ajaran agama dan metode yang dipakai adalah pelatihan, pemberian tugas, ceramah, tanya jawab , dan demonstrasi.
Prinsip-prinsip pembelajaran :
1. Terpusat pada peserta didik
2. Belajar dengan melakukan
3. Mengembangkan kemampuan sosial
4. Mengembangkan keingintahuan, imajinasi dan fitrah bertuhan
5. Mengembangkan ketrampilan pemecahan masalah. 
6. Mengembangkan kreativitas peserta didik
7. Mengembangkan kemampuan menggunakan ilmu dan teknologi
8. Menumbuhkan kesadaran sebagai warga negara yang baik
9. Mendorong belajar sepanjang hayat
10. Perpaduan kompetisi, kerjasama dan solidaritas
EVALUASI PENDIDIKAN ISLAM
 Proses dan tindakan untuk menilai dan menetukan produktifitas pendidikan pada umumnya, dan produktivitas pembelajaran khususnya
 Produktivitas pembelajaran dapat dilihat dari dua sisi, ayitu : proses (berkaitan dengan efisiensi pembelajaran) dan hasil( berhubungan denga efektivitas)
 Penilaian terhadap pertumbuhan dan kemajuan siswa ke arah tujuan-tujuan atau kompetensi yang ditetapkan dalam kurikulum
PRINSIP-PRINSIP EVAUASI
 VALID, memberikan informasi yang sahih
 MENDIDIK,mendorong peserta didik belajar dan dosen mengajar lebih baik
 BERORIENTASI PADA KOMPETENSI, memberikan informasi tingkat pencapaian dasar peserta didik
 ADIL DAN OBJEKTIF, tidak didasarkan atas perbedaan latar belakang peserta didik, tetapi berdasarkan data riil
 TERBUKA, prosesur, kriteria dan dasar pengambilan keputusan penilaian terbuka bagi siapa saja
 BERKESINAMBUNGAN, dilakukan secara berencana, bertahap, dan terus-menerus untuk mempeoleh gambaran kemajuan belajar
 MENYELURUH, mencakup seluruh kemampuan dasar yang ditetapkan
 BERMAKNA, penilaian harus memiliki arti bagi peserta didik, guru, dan orang tua
FUNGSI EVALUASI
 Umpan balik bagi siswa untuk memperbaiki hasil belajarnya
 Memantau kemajuan dan mendiagnosis kemampuan belajar siswa 
 Memberikan masukan bagi guru untuk memperbaiki program pembelajarannya
 Memberikan informasi yang lebih komunikatif.
KISI-KISI KEDALAMAN PAI DI SEKOALAH UMUM
               Jenjang
   aspek Kedalaman Materi Satuan Pendidikan
 SD SMTP SMTA
KOGNITIF ingatan ingatan ingatan
 pemahaman pemahaman pemahaman
 penerapan penerapan penerapan
 - analisi Analisi
 - - Sintesa
 - - Evaluasi
AFEKTIF penerimaan penerimaan Penerimaan
 Tanggapan tanggapan tanggapan
 penghargaan penghargaan Penghargaan
 - organisasi Organisasi
 - - karakterisasi
PSIKOMOTOR meniru meniru Meniru
 lancar lancar Lancar
 Fasih/ luwes Fasih/ luwes Fasih/ luwes
 mengamalkan mengamalkan Mengamalkan
 - - pengembangan

 
 Postingan
Postingan
 
 
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
komentar yuk bro....